Review Buku : Menjerat Gus Dur

Judul Buku      : Menjerat Gus Dur

Penulis             : Virdi Rizky Utama

Penerbit           : PT. NUmedia Digital Indonesia

Edisi                : Desember 2019

Tebal Buku      : xxi + 376 Halaman 

Wooww di Penghujung Tahu 2019 lalu, Mas Virdika Rizky Utama yang lebih beken dikenal sebagai  Mas Virdi,  Tamatan SI Pendidikan Sejarah di UNJ berhasil menggegerkan jagad semesta Indonesia Raya Merdeka lewat penerbitan bukunya yang begitu cetar menggelegar dan bombastis terkait Gus Dur  – Presiden Ke Empat Republik Indonesia.

BOOM ? Fenomenal ?

He.em begitu Klanters gak lebay nih seriusan sampai kabarnya Buku “ Menjerat Gus Dur  “ yang di tulis oleh mamas Ganteng Virdi ini sekejap ludes laris manis  di pasaran sebelum di – launching, wohoho –Mas Virdi  Mas Virdi ceunah banget dah , Penulis yang mahir menyihir – Hatiku eh bukan hati para penikmat karyanya maksudku.

Wehe – Ets Klanters Sihir Menyihir di sini masih kita bahas ya

Jadi bukan hanya Mamas Virdi yang berhasil meluluh lantahkan para penikmat karya nya, sumber dari segala sumber dan inti dari segala ini dari semua ini berpangkal pada Almarhum K.H. Abdurrahman Wahid – yang ternyata sudah lebih dulu menyihir habis habisan Mamas Virdi sehingga luluh lantahlah pemikiran beliau terhadap GUS DUR  (baca: Mas Virdi Ngefans sama GUS DUR ) yap dan ini bukan kali pertama mamas Virdi mengabadikan idola lewat karyanya lho!!!

Sebelum buku “ Menjerat Gus Dur ” di tahun 2018 Mamas Virdi juga mengabadikan sepak terjang Gus Dur  dalam tulisannya yang berjudul “Demokrasi dan Toleransi dalam Repersi Orde Baru” – Oke Klanter jadi Sanad sihir menyihirnya masih jelas ya ehe…

Dah lah cerita Mas Virdinya dikit aja – Wehee kalau masih kepo boleh kok kunjungi IGnya aja @virdikaa / Surat Elektroniknya virdirainhard@gmail.com– Tuh tak kasih kurang baik apa coba aku sama kamu Klanters hahahaha…

Klanters !!! oy ! dah ya kita pokus lagi … Jadi, jeng jeng jeng – noh dah ada yang ngantuk kan !!! awasssss lho kalau pada males baca reviewnya setelah ku beri semuanya untukmu – Kan Atittt

Oh ya BTW Klanter wajib tau nih … Di buku Mamas Virdi Ganteng “Menjerat Gus Dur ” yang fenomenal – bombastis – spektakuler – ulala itu secara garis besar berisi tentang ulasan sejarah dari masa awal Orde Lama, Orde Baru hingga Dimakzulkan nya Bapak Abdurrahman Wahid Presiden Ke – 4 Kita.Uwooooo – Ngono lho dadi gak bahas udek Mulek “GUS DUR ” tok ya.

Jadi, dari Pra sebelum GUS DUR  menjabat Presiden tepatnya pada masa Kepemimpinan Bapak Suharto yang super duper luamanya pakek banget (32 Tahun) itu juga tertulis di buku tersebut, desain kepemerintahan Oligarki, kroni kroni pasukan militer yang jadi andalan bapak Suharto, trus apa lagi ya pukoke paket lengkap dengan segala peristiwa yang terjadi dari politik, kepemerintahan hingga ekonomi (Krismon) dan berujung pada  tuntutan reformasi dan lengsernya Pak Suharto – Weh sampek sangking blobohnya nulis Mamas Virdi ini juga kasih bonus kiat kiat sukses berbisnis ala Pak Suharto dengan menggunakan Sistem Patron berskala Nasional ahaaa – Mantab dah Ceunah banget.

Lanjut ya Klanters – Setelah Bapak Suharto menyatakan mengundurkan diri dari tahtanya dan resmi lengser, Estafet Kepemimpinan pun di berikan eh di mandatkan kepada Bapak BJ Habibie– Tuntutan Reformasi pun berlanjut.dimasa transisi yang mayoritas dihuni oleh kekuatan peninggalan Orde baru ditambah beberapa kelompok pro reformasi dan prodemokrasi, menjadikan alur kepemerintahan BJ Habibie memiliki banyak gejolak dari mulai ketidakterimaan mahasiswa terhadap pengangkatan BJ Habibie sebagai presiden, penuntutan adanya pemilihan presiden dan wakil presiden, hingga tuntutan pencabutan paket UU politik anti demokrasi hasil karya Rezim Suharto – bisa bayangin kan klanters bagaimana ruwetnyajadi Pak Habibie– ciloko mencit kalau gini mah.

Ets tapi pak Habibie ini juga hebat lho – Kendati ditolak sana sini oleh beberapa kelompok yang pro demokrasi goro goro dimandati jadi pengganti Suharto sebagai Presiden RI tak lantas membuat pak Habibie Patah hati – becanda Klanters yang bener ini – ‘Patah Semangat’, Rupanya Bapak Habibie punya capaian besar dan cukup penting dalam proses demokratisasasi diantaranya yakni pembebasan tahanan politik dan kebebasan pers.

Setelah banyaknya aksi demontrasi penolakan Pak Habibie. Selang tak lama dari peristiwa tersebut,  beberapa kelompok mahasiswa menginisiasi sebuah dialog yang diadakan di kediaman Gus Dur di Ciganjur pada tanggal 10 November 1998 dan dihadiri oleh beberapa tokoh elite politik seperti Megawati, Amien Rais, Gus Dur  dan Sri Sultan Hamengkubuwono ke X – menghasilkan Deklarasi Ciganjur yang berisi 8 kesepakatan – dengan salah satu point yaitu pelaksanaan pemilu. pada akhirnya pemilu yang digadang gadang akan dilaksanakan pada 2003 kemudian dipercepat menjadi 1999.

Nah begitu Klanters singkatnya perjalanan sepak terjang sebelum masa Pemerintahan GUS DUR .

Dowo banget kan – Jelas Mas Virdi aja nulisnya sampek 376 Halaman ahaha..

Wehhh astaga…kita belum sampai inti lho Klanters !!!!

Pak GUS DUR  belum dibahas ini wah kacau udah panjang banget gini lagi …

Masih penasaran kan Kira kira siapa ya yang menjerat GUS DUR ?

Hayoo tebak….

Hayoo 1… 2… 3…

Tunggu di review buku selanjutnya ya…

segera rilis Klanters  …

One thought on “Review Buku : Menjerat Gus Dur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.