Mengenal Tepian Lautan Kosmik bagian II : Adakah Kehidupan Selain Kita ?

Klanters lanjutke pertanyaan Apakah ada kehidupan lain selain kita? apakah kita seistimewa ini? Apakah kita kita perlu mengetahui? Entahlah, yah kita baru saja berangkat dari dari jarak 8 miliar tahun cahaya, kita baru di dunia nebula dan kita harus mencari dulu galaksi Bima sakti yang di mana tempat tinggal kita bumi berada satu-satunya planet yang masih kita yakini dihuni oleh makhluk hidup.

Dalam perjalanan kita kita diantar ke grup lokal atau biasa ahli astronomi di bumi menyebutnya grup lokal galaksi, bisa kita lihat dengan diameternya beberapa juta tahun cahaya, grup lokal beranggotakan sekitar 20 galaxy.

Grup lokal adalah gugus yang tak ramai, tak jelas, dan tak menonjol, salah satu galaksi anggotanya adalah M31, yang dari bumi tampak di arah rasi Andromeda sebagaimana galaksi spiral lainnya dan M31 adalah kitiran raksasa berisikan bintang,gas dan debu. M31 punya dua satelit kecil yaitu galaksi katai berbentuk elips yang terikat ke M31 karena gravitasinya, gravitasi yg sama dalam hukum fisika gaya gravitasi yg membuat kita terikat dengan bumi, hukum alam (jangan dibaca karma) berlaku sama diseluruh Kosmos.

Nah setelah galaksi M31, ada lagi nih kembarannya yang sangat mirip galaksi tempat tinggal kita, dimana lengan-lengan soiralnya berputar oerlahan (gaoaoa, masih bisa baca kan?), yaitu sekali putaran setengah putaran …… dan kotora,n tar-putar dikosmos bilas terjadi kiamat, canda iklan.  yaitu sekali putarannya penuh terhitung seperempat miliar tahun cahaya.

Lanjut perjalanan kita melihat-lihat galaksi ( kita belum sampai digalaksi bimasakti kita loh) di dalam sebuah galaksi tentu kita busa melihat bintang-bintqng dari yg kecil hingga yg terbesar bintang-bintang  terkadang berkumpul membentuk koloni koloni, koloni terkecil berukuran sekecil sebuah kota dan seratus triliun kali lebih padat daripada timbal, sebaliknya bintang yang besar terkadang tak berkelompok lebih terlihat  bintang yang sendirian contohnya matahari, dan ada juga sebagian bintang yang berpasangan ‒ gak sepertimu dan dia yang tidak ditakdirkan, lossss!

Dalam sistem perbintangan umumnya berupa bintang ganda, dua bintang saling mengitari, namun ada juga gradasi berkesinambungan dari sistem tiga bintang, gugus terbuka yang beranggotakan beberapa lusin bintang, hingga ada juga gugus bola yang jika dilihat sangat menarik dengan sejuta bintang.

Disebagian bintang ganda sangatlah berdekatan sehingga saling bersentuhan dan zat bintang mengalir di antara keduanya, sebagian besar bintang, yang sering kita dengar yaitu supernova, yang cahayanya seterang galaksi tempat bintang supernova itu berada, ada juga bintang lainnya yaitu lubang hitam, lubang ini tidak bisa dilihat ‒ kayak masa depan. Bahkan dari jarak beberapa kilometer bisa dikatakan ini ranjau diluar angkasa.

Sinar bintang itu sendiri ada beragam, sebagian bintang bersinar dengan penuh kecerlangan konstan, sedangkan lainnya bersinar tak beraturan atau berkedip dengan irama yang teratur, sebagian bintang berotasi dengan anggun, bintang kainnya berputar sedemikian liarnya sehingga terkadang bentuknya jadi berubah menjadi agak gepeng

Dari keseluruhan bintang kebanyakannya memancarkan cahaya yg tampak dan memancarkan inframerah Juga, bintang lain juga menjadi sumber sinar x (bukan samurai x loh) atau biasa disebut gelombang radio.

Nah sekarang kita harus tau warna bintang juga beragam

  • Bintang berwarna biru, biasanya bintang-bintang berwarna biru itu adalah bintang yang panas dan masih muda   ̴jadi bukan logo partai demokrt ya klantres, kalau ada kambingnya itu baru PDi Pembatasan
  • Bintang berwarna kuning, bintang kuning biasanya konvensional (normal atau umum) dan setengah baya
  • Bintang berwarna merah, bintang berwarna merah biasanya bintang tua dan sekarat   ̴untung gak ada kambingnya wkwk
  • Bintang katai putih ( katai putih : bisa berarti bintang mati) / katai gelap ( bangkai bintang teoretis)

Sedangkan galaksi kita galaksi bimasakti mengandung sekitar 400 miliar bintang yg beraneka macam yang bergerak dengan keanggunan yang rumit namun tetap teratur, dari semua bintang kita sebagai oenghuni bumi sejauh ini hanya kenal dekat dengan satu bintang yang tak lain tak bukan adalah Matahari.   ̴ bukan tempat kalian belanja ya

Tiap sistem bintang merupakan suatu pulau dalam antariksa, terpisah bertahun-tahun cahaya dari tetangga-tetangganya, coba kita bayangkan Diluar sana  mungkin ada makhluk-makhluk hidup sedang berevolusi menjadi makhluk cerdas diplanet planet yang tak terhingga banyaknya, dan masing-masing dari mereka juga mengira sama seperti kita yg mengira dunia ini hanya berisi planet mereka (seperti pepatah katak yang hidup dalam sumur) dan beberapa bintang kemerlipan dimalam hari dan kita tumbuh dalam keterpencilan yg Perlahan-lahan alam mengajari kita tentang kosmos.

Beberapa bintang mungkin dikelilingi oleh jutaan planet batuan kecil tanpa kehidupan, sistem keplanetan tang telah membeku pada tahap awal evolusinya, barangkali diluar sana banyak bintang yg punya sistem keplanetan seperti tata surya kita , dibagian kuarnya terdapat planet gas  raksasa, ada juga planet bercincin dan bulan-bulan yang tersusun dari es lalu sedangkan ditengah mendekati pusat ada planet planet hangat, biru putih. Dan diliputi awan.

Jika diluar sana ada makhluk seperti kita alam sebuah tata surya yang bisa saja mirip atau berbeda dari tata surya kita , mereka adalah saudara-saudara kita di kosmos jadi daripada gelud sama saudara sebangsa dan setanah air mending gelud sama saudara se-kosmos. Inilah amanat dari tuisan panjang lebar kali ini, ada masalah apa sih kawan sampai kita saling membenci? Ayo vaksin, wkwk.

 Siapkah kita bertemu dengan saudara kosmos kita ? Entahlah jika membayangkan bentuknya seperti kita mungkin kita akan antusias ingin bertemu namun jika mereka berbeda bentuk, seperti titan dan seperti gambaran mengerikan selama ini mungkin kah kita bisa berteman dengan saudara kosmos kita? Mungkin bisa, tentunya setelah vaksin ya kawan siapa tau setelah vaksin beneran jadi titan wkwk. Ntahlah tak ada yang tahu di semesta yg tak terhingga ini. Mikir negra aja pusing, malah mikirin semesta, taoi ya gaoaoa sih. Jumpa dilain tulisan kawan klanters!!!!

Daftar pustaka :

  • Reflections on carl sagan’s “Cosmos” by Neil deGrass Tyson
  • Kosmos by carl sagan cetakan ketujuh 2019

One thought on “Mengenal Tepian Lautan Kosmik bagian II : Adakah Kehidupan Selain Kita ?

Komentar ditutup.