6 Hal Ini Sunnah Dilakukan Sebelum Shalat Idulfitri

Halo Sobat Klanters !!! nggak kerasa ya kita sudah sampai di penghujung Ramadhan, alias Lebaran. Yeeeey. Nah di bulan suci Ramadhan kemarin, pasti banyak dari temen-temen atau sobat klanters sendiri yang mendadak menjadi pribadi yang berbeda. Rajin ibadah dan lain sebagainya. Hehe nggak masalah. Meskipun taubatnya nunggu bulan Ramadhan, tapi itu bisa menjadi satu batu loncatan yang bagus untuk sobat klanters menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Kita kan sudah sampai di Idul Fitri nih, pastinya sobat klanters ikut shalat id dong ? – kecuali yang sedang berhalangan ya. Buat sobat klanters semuanya, di moment idul fitri ini, bisa menjadi awal yangbaik untuk meneruskan perjuangan taubat sobat klanters semua. Salah satunya dengan melaksanakan shalat idul fitri. Biar shalat idul fitrinya makin mantep, sini-sini aku bisikin 6 perkara sunnah yang bisa sobat klanters semua lakukan sebelum dan sesudah shalat idul fitri. Apa saja tuh ? check this out.

1. Mandi Sebelum Shalat Idulfitri

Sama halnya seperti shalat jum’ah yang disunnahkan sebelumnya melaksanakan mandi sunnah, Shalat idulfitri juga sunnah untuk mandi terlebih dahulu sebelum berangkat menuju masjid, atau tempat pelaksanaan shalat idulfitri lainnya. Nah buat sobat klanters yang tinggal di gunung, sekali-kali lah mandi pagi-pagi buta. Dingin nggak papa lah ya, sekali-kali heuheuheu.

2. Berhias dan Memakai Pakaian yang Terbaik

Selain mandi, Ketika melaksanakan shalat id juga sobat klanters disunnahkan buat berhias dan memakai pakaian terbaik. Ini mungkin yang menjadi salah satu alasan, kenapa ada adat atau kebiasaan membeli pakaian baru jelang lebaran. Ya untuk dipakai pas shalat idulfitri. Gimana, sobat klanters sudah beli baju lebaran berapa pasang ? nggak bingung kan, shalat id mau makai yang mana ? – hihi.

Nah buat ciwi-ciwi (dibaca : cewek-cewek) ini moment pas nih, buat memanfaatkan keahlian kalian dalam berhias alias make up. Selain buat mempercantik diri di moment yang istimewa, juga buat melaksanakan sunnah berhias. Tapi ingat, jangan berlebihan ya. Ntar dikira mau manggung aja – hehe. Dan lagi, niatkan make up-annya buat salat id. Bukan biar terlihat cetar membahana pas ketemu kaum adam. Ingat !!!

3. Makan Sebelum Shalat Idulfitri

Diriwayatkan juga bahwa Nabi Muhammad SAW sebelum berangkat shalat idul fitri, Beliau tidak berpuasa, alias makan terlebih dahulu. Dalam sebuah riwayatnya, Nabi SAW biasa makan kurma dengan jumlah ganjil (3,5 atau 7) sebelum berangkat menuju tempat shalat idul fitri.

Jadi sobat klanters, jangan lupa sebelum berangkat, makan dulu ya. Setidaknya tidak puasa. Bolehlah kita ngopi-ngopi dulu. yang penting jangan sampai kelewatan ya.

4. Mengucap Takbir Sepanjang Perjalanan Menuju Tempat Shalat Idulfitri

Membaca takbir di hari idul fitri merupakan salah satu hal sunnah yang paling lumrah dan paling banyak orang mengerjakannya. Hal ini terlihat dengan bagaimana surau-surau mengumandangkannya sepanjang malam. Nah kalau pas idul fitri, kita hanya boleh mengumandangkan takbir sejak terbenamnya matahari, sampai khatib naik mimbar.

Sebuah Riwayat menjelaskan juga bahwa orang yang hendak berangkat menuju tepmpat shalat idul fitri, sunnah untuk mengumandangannya sepanjang perjalanan. Nggak keras-keras nggak papa kok kalua sobat klanters malu, hihi. Yang penting tetep baca sepanjang jalan ya sobat. Jangan malah ghibahin baju baru tetangganya.

5. Saling Mengucap Do’a

Selanjutnya, sunnah yang dianjurkan adalah agar kita saling mendoakan satu sama lain. Do’a yang paling masyhur di moment hari raya idulfitri adalah ‘Minal ‘Aidin Wal Faizin’ atau juga bisa ditambahkan dengan ‘Taqabbalallahu Minna Waminkum Taqabbal Yaa Kariim’.

6. Melewati Jalan Yang Berbeda Antara Berangkat dan Pergi Dari Tempat Shalat Idulfitri

Yang terakhir adalah melewati jalan yang berbeda antara berangkat dan pulang dari Tempat Shalat Idul Fitri. Ini juga biasa dilakukan oleh Nabi SAW. Jadi jika rumah sobat klanters di Semarang, misalkan. Lalu Sobat Klanters melaksanakan shalat Idul Fitri di Pekalongan, kalua Sobat berangkatnya lewat Jalan Tol, maka pulangnya bisa lewat pantura. Biar beda jalurnya gitu.

                Nah jadi itulah enam perkara sunnah yang bisa sobat klanters lakukan Ketika pelaksanakan shalat idulfitri. Jangan lupa dikerjakan ya ! biar shalat idulfitri kita mendapatkan keutamaan yang lebih.

                Akhirnya admin tutup dengan ucapan Selamat Idulfitri Minal ‘Aidin wal Faizin Mohon Maaf Lahir Batin.

Fine

Santri Tua yang belum kunjung menemukan pasangan hidup

382 thoughts on “6 Hal Ini Sunnah Dilakukan Sebelum Shalat Idulfitri

Komentar ditutup.